Categories
honda motor otomotif

motor skutik baru All New Honda Scoopy

kehadiran Yamaha Fazzio Hybrid-Connected punya sejumlah fitur canggih Bentuknya dominan bulat Masih bertahan dengan lampu oval, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor.

memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Skutik ini memiliki jarak sumbu roda 1.251 mm serta ground clerance 145 mm terlebih bobotnya hanya 95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey).

penyematan pelek kecil berdiameter 12 inci dengan dibungkus ban berukuran 100/90 depan dan 110/90 belakang sasisnya mengusung teknologi  Enhandced Smart Arcitecture Frame lebih ringan 8 persen dibanding rangka model lama.

mesin generasi baru 110 cc 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI, perbedaan pada bore x stroke, kini dibuat 47,0 x 63,1 mm dan rasio kompresi 10,0:1. Langkah pistonnya dibuat lebih panjang untuk mengejar akselerasi.

tenaga Scoopy ada diangka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm / 5.500 rpm, Honda mengklaim bahan bakarnya irit konsumsi bahan bakar mencapai 59 km/liter (ISS on) dengan kapasitas 15,4 Liter.

ragam varian diisi Fashion Black dan Fashion Blue. Lalu ada Sporty Red dan Sporty Black. Tipe terbawah ini dijual dengan harga Rp20,475 juta masih sama seperti versi sebelumnya Prestige White dan Prestige Black tak ada beda dengan tipe varian terdahulu dibanderol Rp21,275 juta.

Categories
motor otomotif sepeda motor yamaha

New Yamaha Fazzio Hybrid akan dirilis

diklaim sebagai skutik 125 cc berpenampilan retro pertama mengusung teknologi hibrid di indonesia, Fazzio Hybrid Connected yang akan dirilis di industri roda dua Tanah Air.

motor ini baru dirilis untuk market Indonesia saja dan sudah diproduksi secara lokal, menggunakan mesin 125 cc 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi dengan tenaga sampai 8,3 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm pada putaran enjin 4.500 rpm.

komponen baterai berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor, dan setelah motor menyala daya baterai akan dicharge kembali oleh komponen Smart Motor Generator (SMG) pada Electric Power Assist Start (EPAS) dari daya baterai.

tarikan awal mesin selama 3 detik pertama dengan mengkombinasikan 2 sumber tenaga dari mesin konvensional, Fazzio sudah dibekali dengan sistem penerangan depan LED, panel meter full digital, power outlet, Smart Motor Generator, Stop Start System, lampu hazard, power outlet, hingga teknologi konektivitas Y-Connect.

motor ini dibekali dengan ruang akomodasi penyimpanan barang yg lumayan besar, Bagasi utama memiliki volume mencapai 17,8 liter yang mampu menyimpan 1 buah helm half face. Kemudian tersedia juga double hook di bagian dek, dan 2 kompartemen penyimpanan di depan.

Yamaha Fazzio dijual dengan 2 varian yakni Neo Connected seharga Rp21,7 juta dan Lux Connected di harga Rp22 juta

Categories
ION motor motor listrik otomotif sepeda motor

ION Mobius Segera Rilis dengan beberapa fitur

ION Mobility asal Singapura segera memasarkan produknya motor listrik dua roda yang akan diproduksi di kawasan Jabodetabek.

ION Mobility memiliki rencana berekspansi ke Thailand, Vietnam, filipina dan di negara asia lainnya juga akan memperluas sumber daya tenaga manusia.

bagian depan double headlamp LED punya garis yang tajam dan menyipit sehingga terlihat agresif lampunya punya desain yang seirama dengan bentuk spakbor depan, tak lupa ada juga komponen windscreen yang mempertegas DNA skuter maxi.

Area pijakan kaki pengendara dibuat merata sehingga rider bisa menyesuaikan, Kedua velgnya menggunakan tipe cast wheel (racing/palang) dengan visual yang modern dan senada dengan bentuk keseluruhan tubuh dari ION Mobius.

dibenamkan perangkat kelistrikan mengandalkan motor listrik bertenaga 12,5 kW atau 16,7 daya kuda dan torsi 50 Nm Kecepatannya bisa mencapai 110 km per jam dan larinya dari diam ke 50 km per jam di bawah 5 detik saja, baterainya menjanjikan daya tempuh 120 hingga 200 km.

memiliki fitur canggih Panel meter terkoneksi langsung dengan komputer yang memungkinkan terhubung dengan smartphone Anda sehingga bisa mengatur layar antarmuka, pengaturan tema, fungsi GPS, dan notifikasi soal kendaraan.

sepeda motor langsung terhubung ke Internet melalui jaringan LTE dan bisa dipasang melalui Bluetooth, untuk banderol harga motor ini belum diumumkan saat ini.

Categories
mobil otomotif tips mobil tips otomotif

Bunyi Bising Mengganggu Pada Mobil? Inilah Penyebabnya

Timing belt adalah komponen yang sangat penting dalam operasional mobil. Fungsi utamanya yakni mengatur perputaran antara camshaft dan crankshaft sehingga piston serta valve dapat bekerja sesuai langkah kerja mesin yang sesuai.

Jika terdapat bunyi yang tak lazim pada bagian timing belt, berarti ada masalah didalamnya, berikut penyebab timing belt berbunyi bising.

Pemasangan timing belt kurang tepat

Pada pemasangan komponen ini timing belt sudah pasti tidak boleh sembarangan dalam memasangnya. Ada aturan tersendiri yang harus dipatuhi.

Kekencangan dalam pemasangan memiliki aturan tersendiri. Apabila salah dalam pemasangan, tidak aneh bila ada bunyi bising pada timing belt.

Selain menimbulkan bunyi bising, kesalahan dalam pemasangan timing belt dapat membuat mobil anda susah dihidupkan dan akselerasi mobil berkurang.

Timing belt usang

Timing belt menjadi komponen yang memang harus diganti secara berkala. Usia komponen ini berada direntang 50.000km hingga 70.000km atau 5 sampai 6 tahun.

Melemahnya auto tensioner timing belt

Auto tensioner adalah komponen dari bagian timing belt yang berfungsi untuk mengatur ketegangan dan kekencangannya selama mobil beroperasi.

Ciri-ciri khusus auto tensioner melemah, yakni. Terlihat rembesan oli pada ujung shaft auto tensioner, ciri lainnya adalah auto tensioner jadi lebih enteng ketika ditekan dengan tangan.

Bearing tensioner aus

Penyebab terakhir yakni bearing yang sudah aus. Di dalam timing belt memiliki beberapa bearing yang yang digunakan seperti bearing tensioner dan idler bearing.

Mesin mobil yang dihidupkan membuat semua bearing tersebut berputar. Maka dari itu bearing akan menjadi aus seiring pemakaiannya, maka dari itu saat timing belt diganti pasti sepaket dengan bearing tensioner dan idle bearing.

Jadi itulah beberapa penyebab timing belt berbunyi bising. Agar tidak mengganggu sebaiknya anda menggantinya secara berkala.